Tips Keren Menghadapi Ujian / Ulangan Sekolah


Pasti deh..kita sebagai orangtua akan cukup panik(?) repot dan khawatir kalau anak kita akan segera menghadapi Ujian / ulangan sekolah. 1. Persiapkan sebaik mungkin, perhatikan urutan dan jadwal mata ujian.Mulai sekarang persiapkan mata pelajaran yang akan diujikan.. Waktu bermainnya dikurangi dulu...

2. Buka lagi catatan anak setiap hari pelajarai lagi setelah pulang sekolah. Makan , istirahat dulu juga boleh...

3. Periksa tugas-tugas dan ulangan-ulanganmu yang kemarin-kemarin. Coba lihat lagi dimana kalian melakukan kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu itu soal tersebut nongol lagi dalam soal yang diujikan.
4.Jaga kesehatan . Waktu ujian atau ulangan umum semakin dekat dan itu berarti kita kudu belajar lebih giat hingga kadang lupa waktu. Karena terlalu lelah, kita bisa sakit, wsah kalo begini bisa menghambat belajarnya. Makan yang bergizi jangan junk food.

5. Yakinkan anak kita bahwa  “Aku bisa!” Kadang kita merasa nggak PeDe, bisa nggak yaa... ngerjain ujian dengan baik. Buanglah jauh-jauh pikiran itu dan katakan pada diri sendiri bahwa kita siap menghadapinya dan akan mendapatkan nilai baik. Kalo kita PD kita bia berkonsentrai penuh pada soal.

6. Jangan pake sistem kebut semalam. Materi ujian dilalap semua dalam waktu semalam. Akhirnya kita nggak tidur dimalam ujian. sehingga akhirnya kita ngantuk keesokan harinya, akibatnya kita nggakbisa menyelesaikan soal-soal ujian atau ulangan umum dengan baik.

7. Datang lebih pagi. Karena jika kalian datang terlambat yang dipikirkan adalah “semoga nggak terlambat, telat ggak yah” Karena merasa deg-degan, nggak konsen, materi pelajaran yang kalian udah pelajari jauh-jauh hari jadi terlupakan. Bayangkan kalo kalian datang lebih pagi kan lumayan bisa mengulang catatan.




Komentar