Penyebab Nilai Anak Hancur


                     Hasil gambar untuk anak sekolah stres

Jika anda menemukan masalah pada beberapa nilai ulangan anak anda maka ada tiga hal yang perlu anda waspadai:

1. Perhatikan apakah anak anda mengalami kecemasan yang tersembunyi
Kecemasan yang tersembunyi ini disebabkan oleh banyak faktor.Bisa jadi tuntutan yang terlalu tinggi dari orangtua atau mungkin dari gurunya. Mereka cemas karena tuntutan kita yang terlalu tinggi, atau keharusan untuk menguasai sesuatu justru membuat performance anak tidak maksimal padahal anak sudah berusaha mempelajari sebelumnya dengan baik. .

2. Perlakuan negatif yang pernah diterima anak
Sebagai orangtua, adakalanya kita harus introspeksi diri akan sikap kita terhadap anak. Waktu kita sekolah kan tidak selalunya kan kita mendapat nilai bagus. Begitu juga dengan anak kita.
Mungkin juga kita pernah marah dan menghukum anak karena nilai yg tidak memuaskan kita. Katakan pada anak anda “ Mama lain kali janji akan mendukung kamu jika nilai kamu jelek, kita akan cari solusinya bersama-sama. Kamu pasti ingin nilai kamu baik juga kan?”
Ini tentunya jauh lebih baik bagi si anak. Daripada kita hanya sekedar memarahinya, menyuruh belajar. Terimalah anak anda apa adanya.

3.Kurangnya perhatian berkualitas.
Kebanyakan orangtua berfikir “ Saya sudah cukup perhatian dengan anak saya”. Menanyakan PR, peralatan tulus sudah disiapkan apa belum juga jadwal ulangan. 
Tetapi terkadang perhatian yang kita berikan itu tidak cocok atau tidak adekuat dengan apa yang diinginkan oleh si anak. Bukan sekedar aspek fiik, tapi perhatikan juga perasaan anak.
Yang sangat oleh seorang anak adalah perhatian akan perasaan – perasaannya sehingga dia benar-benar diterima secara utuh oleh orangtuanya.

Semoga sedikit yang kami sampaikan dapat menjadi bahan renungan kita bersama sebagai orangtua. menjadi orangtua yang kelak menjadikan anak-anak menjadi generasi emas seperti apa yang mereka cita-citakn, tentu saja. 


Komentar