Beban Emosi Anak




Kadang kita melihat bahwa anak kita memiliki perlaku malas, prestasi belajarnya rendah, sedih, cepat marah, hubungan yang buruk dengan teman atau orangtua tidak lepas dari emosi negatif yang mereka alami dan pendam selama ini.

Seperti merasa tidak mampu, tidak percaya diri, ditertawakan oleh teman, diejek karena mendapat nilai buruk atau tidak mempu menjawab pertanyaan guru sering kali membuat mereka ingin menghindari sekolah.
Jangan kira dibalik canda tawa riang mereka anak-anak juga bisa mengalami sedih. Dan inilah tanda-tanda buah hati kita merasa stress.

Orang tua mebutuhkan kepekaan yang lebih untuk memahami ciri ini. Bila sang anak yang tadinya ceria dan suka berlari-lari, namun tiba-tiba menjadi pemurung dan mudah marah, itu merupakan salah satu tanda bahwa buah hati kita sedang mengalami depresi. Jangan biarkan ini berkelanjutan ya Bun.. karena kalau dibiarkan berkelanjutan akan berdampak buruk bagi perkembangan mental dan kemampuannya dalam menyerap materi di sekolah. Ajaklah berdialog dan berkomunikasi sebga sahabat untuk anak kita.

Cari akar permasalahan dan apa yang diinginkannya. Tidak melulu berputar pada materi namun harapan-harapan yang ada dalam fikirannya. Ciptakan suaana yang aman dan nyaman bagi tumbuh kembang anak kita ya Bunda...
Semoga bermanfaat.....

Komentar