Makanan Untuk Mencerdaskan Otak (2)


Lanjutan...

6. Blackcurrant
Penelitian di Selandia Baru menunjukkan bahwa blackcurrant membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kelelahan mental.

7. Bayam
Penelitian meperlihatkan bahwa kekurangan zat besi dan asam folat pada tingkat rendah dapat mempengaruhi kemampuan belajar, mengingat, dan memperhatikan. Sumber Zat besi : sayuran berdaun gelap seperti bayam, kale, kacang panjang, serta kedelai. 

8. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin K dan kolin yang dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Vitamin K sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk menyerap dan mengingat instruksi verbal. Brokoli juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan.

9. Kacang-kacangan
Salah satu penelitian yang diterbitkan “American Journal of Epidemiology” menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan vitamin E dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif, terutama pada orang berusia lanjut. Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin E yang baik selain sayuran berdaun hijau, asparagus, minyak zaitun, biji-bijian, telur, beras merah, dan gandum utuh.

10. Cokelat
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol flavonoid pada cokelat berpotensi melindungi otak dari kerusakan akibat neurotoksin, menekan peradangan, meningkatkan ingatan, kemampuan belajar, dan fungsi kognitif. Mereka yang meminum cokelat setiap hari selama 8 minggu memiliki kemampuan mengingat, kelancaran lisan, dan nilai tes kognitif yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

11. Teh hijau
Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, teh hijau juga mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan fungsi kognitif, terutama kemampuan mengingat dan belajar lebih cepat.

12. Bit
Penelitian dari Wake Forest University menunjukkan bahwa bit dan sayuran umbi lain seperti wortel mampu meningkatkan kekuatan otak. Bit mengandung nitrit yang akan diubah menjadi nitrat oleh tubuh yang membantu meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak.


13. Kunyit
Kunyit mengandung antioksidan curcumin yang memiliki fungsi anti inflamasi. Curcumin juga diyakini dapat meningkatkan ingatan dan menstimulasi pembentukan sel baru pada otak.

14. Air putih
Sekitar ¾ otak bahkan terdiri dari air. Penelitian di Ohio University mengungkap jika mereka yang menjaga tubuhnya tetap terhidrasi mampu meraih nilai yang lebih baik pada tes kognitif dibandingkan mereka yang kurang minum air. 

Gimana Bunda...banyak juga ya... Selamat mencoba ya Bunda...semoga anak-anak kita makin bertambah sehat dan cerdas.

Komentar