Jangan Katakan Kalimat Ini pada Anak Anda


Sebuah penelitian menemukan bahwa bahasa mempunyai pengaruh yang besar ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Cara berkomunikasi yang baik memberikan dampak positif pada hubungan orangtua dan anak dan sebaliknya. Kata-kata negatif akan sangat diingat oleh anak anda.. Maka gunakan selalu bahasa yang baik ketika mendidik anak. Berikut ini ada beberapa ucapan yang sebaiknya anda hindari ketika mendidik anda.


1. Gitu saja Nggak bisa!
Ini adalah bentuk ketidakpuasan orangtua tehadap anaknya. Ucapan seperti ini membuat mental anak anda jatuh seketika sehingga sulit untuk membuatnya memiliki prestasi tinggi. Anak akan merasa tidak mampu dan tidak berdaya. Lalu anak akan menghentikan semuanya, termasuk proses belajar. Tenangkan anak anda istirahat sejenak lalu bangkitkan semangat dan rasa percaya diri anak dengan penuh kasih sayang.

2. Kamu ditinggal saja ya!
Biasanya digunakan orangtua untuk mengancam anaknya. Kalau situasinya ada di mall atau pertokoan ancaman ini tentu akan menjadi ancaman kosong yang tidak ada manfaatnya. Lebih baik jelaskan kepada anak anda sebelum bepergian tentang apa saja yang boleh dilakukan dan tak boleh dilakukan.



3. Jangan manja, kamu kan udah besar!
Ada tahapan usia dimana anak anda memang harus belajar lebih mandiri. Tapi sebagai orangtua anda tentu faham pada situasi dimana anak anda sedang manja ataupun butuh bantuan. Jika anak sedang berada dalam masalah dan anda mengabaikannya,anak akan enggan berkomunikasi lebih lanjut dan jangan salahkan kalau anak anda akan mencari bantuan dari luar untuk menyelesaikan setiap masalahnya. Bantuan dari luar itu belum tentu baik kan?


4. Minta maaf sana!
Memang sih kita harus mengajarkan sopan santun, tata krama, dan etika pada anak. Perbuatan baik akan diterima baik jika diberikan dengan contoh, bukan cuma arahan. Selain itu katakanlah dengan lembut bukan ancaman.

5. Kamu ngomong apa sih...!
Anak selalu saja berbicara dan selalu ingin menceritakan apa saja yang dia lihat, dia rasakan. Ucapan seperti ini adalah salah satu tanda ketidakpedulian orangtua. Bagaimana kalau kata seperti ini sering didengar anak setiap hari? Anak anda akan tumbuh dengan perasaan bahwa dia bukan orang penting. Mereka akan merasa terabaikan dan tertolak. Saat mereka dewasa nanti, mereka akan mencari perhatian dengan cara yang salah, omong besar, dan cenderung menyenangkan orang lain agar bisa diterima.

Bunda, berikan kata-kata terbaik yang kita miliki agar mereka tumbuh menjadi generasi yang terbaik, karena "Setiap kata adalah doa"
Semoga bermanfaat.

Komentar