Ini Dia Ciri Anak Cerdas


Hasil gambar untuk anak cerdas

Setiap orangtua selalu ingin mempunyai anak yang cerdas. Banyak orangtua melakukan berbagai macam usaha demi membuat anaknya menjadi lebih cerdas. Berikut ini adalah ciri-ciri anak cerdas yang penting anda ketahui : 

1. Sangat aktif
Anak aktif berbeda ya dengan anak hiperaktif. Namun jika diperhatikan seksama akan kelihatan perbedaannya. Anak aktif mempunyai fokus perhatian yang baik, lebih sabar, dan suka dengan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik, sedangkan anak hiperaktif biasanya tidak fokus, tidak bisa diam, tidak sabar, dan cenderung agresif. Tapi yang banyak terjadi orangtua jaman ekarang lebih suka anaknya duduk diam sambil pegang gadget. Padahal ada hubungan antara aktivitas fisik dengan aktifnya otak.

2. Konsentrasi yang baik
Anak-anak umumnya kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus pada suatu hal. Tetapi anak cerdas mampu berkonsentrasi dengan intens dalam waktu yang lama, dan menyelesaikan pekerjaannya tanpa banyak terpengaruh dengan kondisi di sekitar.

3. Daya ingat kuat
Anak yang cerdas biasanya memiliki ingatan yang kuat terhadap berbagai macam informasi yang pernah dilihat atau didengarnya. Dengan daya ingat yang baik ini akan bermanfaat dalam menangkap pelajaran sekolah. 

4. Memiliki kosakata tinggi
Kecerdasan anak juga ditandai dengan penguasaan kosakata yang tinggi. Mereka bisa menggunakan kosakata yang sulit dengan tepat, dan bisa mengucapkannya dalam kalimat yang lengkap. Banyak pakar menyebutkan bahwa anak-anak dengan verbal yang baik, akan cenderung lebih cerdas. 

5. Teliti pada hal kecil.
Hal-hal kecil tidak luput dari perhatian anak cerdas. Dan seringkali mereka selalu ingin tahu bagaimana cara kerja sesuatu secara spesifik.

6. Suka berimajinasi
Biasanya anak suka berimajinasi dengan menirukan hal-hal yang dia lihat atau dengarkan, misalnya dengan membayangkan awan berbentuk ikan, atau membuat gambar dengan cerita yang dibuatnya sendiri.

7. Tertarik dengan banyak hal
Anak cerdas umumnya menunjukkan ketertarikannya dengan banyak hal. Mereka tertarik dan ingin mengeksplorasi dan bertanya tentang hal yang disukainya

8. Membaca lebih dini
Anda bisa memperkenalkan mereka dengan buku cerita bergambar yang sesuai dengan usianya, biasanya mereka akan penasaran dan ingin membaca sendiri buku tersebut.Rasa penasaran tersebut akan menstimulasi anak untuk belajar membaca.

9. Mempunyai bakat seni
Biasanya anak cerdas memiliki bakat seperti menggambar dan menyanyi. Ketika balita biasanya mereka mampu menggambar sesuatu dengan jelas atau menyanyi dengan nada yang tepat. Ini menunjukkan keseimbangan antara otak kiri dan kanan mereka.

Semoga bermanfaat...

Lihat Link Ini Bun...
 

Komentar