Anakku Kurang Memahami Materi Pelajaran



Banyak anak yang mengalami kesulitan belajar disebabkan karena belum memahami materi pelajaran dengan baik. Namun Mereka kerapkali “dipaksa” untuk memahami materi pelajaran yang belum mereka pahami karena ulangan ataupun ujian.

Kurangnya pemahaman anak pada materi bisa terjadi karena :
  1. Otak anak belum siap menerima materi
  2. Kondisi biologis maupun psikologis anak yang sedang "tidak nyaman" misalnya sedang sakit, mengantuk atau sedih.
  3. Anak merasa malu untuk bertanya kepada guru, merasa sulit karena tidak memahami materi sebelumnya yang berkaitan dengan pelajaran saat ini. 
  4. Anak kurang tertarik pada materi yang disampaikan yang membuat mereka tidak memperhatikan guru menjelaskan di depan kelas.  atau bisajadi Metode mengajar yang kurang tepat.
Imbasnnya, mereka mendapatkan nilai yang kurang memuaskan pada saat ujian karena secara pemahaman mereka belum menyeluruh. Nilai ujian yang tidak maksimal memberikan mereka pemahaman baru bahwa belajar ternyata sulit dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mendapatkan nilai bagus. 
Memberikan Teknik Belajar yang Tepat
Kurang pahamnya anak akan materi pelajaran disekolah bisa diatasi dengan teknik belajar. Tentunya dengan teknik belajar yang bisa menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar mereka.
Jika saat ini cara belajar yang anak gunakan masih sama dengan cara belajar yang orangtua dulu gunakan, tentunya anak akan mengalami hal yang lebih kurang sama seperti orangtua alami.
Anak akan stres dan tidak termotivasi. Belum lagi beban materi yang mereka harus bawa saat sekarang jauh lebih banyak daripada saat masa orangtua sekolah.
Tapi, masalah ini bisa diatasi dengan teknik belajar yang berfokus pada kemampuan otak masing-masing anak, karena tiap anak memiliki cara belajar yang berbeda. Ini tentu sangat berbeda dengan teknik belajar yang banyak digunakan pada umumnya. 
pendidik baik guru maupun orang tua harus memahami teknik dan cara yang terbaik yang bisa membuat anak mampu menyerap materi dengan lebih baik.
Dengan menggunakan kemamuan alami yang dimiliki setiap orang, akan memudahkan anak dalam menyerap dan memahami materi pelajaran yang mereka pelajari. Dengan begitu, mereka bisa menikmati proses belajar yang berlangsung di sekolah. 


Komentar