Anak Tidak faham Tujuan Sekolah


 
Kalau bertanya apa tujuan sekolah kepada anak SD sudah dipastikan mereka tidak menjawab. Mereka disekolahkan oleh orangtuanya, bukan memilih sendiri untuk sekolah. Baru ketika masuk SMP baru mereka tahu apa tujuan mereka sekolah. Karena mereka sudah bisa memilih sekolahan untuk diri mereka sendiri. Walaupun kadang-kadang tetap dipaksa harus sesuai dengan sekolahan yang dicarikan oleh orangtuanya.
Banyak anak tidak mengetahui untuk apa mereka harus sekolah. Ini membuat mereka stres dan merasa terpaksa untuk belajar.

Kalau orangtuanya yang demokratis, biasanya tidak memaksakan anaknya untuk sekolah sesuai dengan kemauannya saja. Harus sesuai kemaun anaknya juga. Orangtua hanya memberikan referensi saja dan membiarkan anak untuk memilih sekolahan yang akan menjadi tempat belajarnya sendiri. Sekolah itu butuh waktu lama dan biaya yang banyak, kalau tidak sesuai keinginan akan jadi masalah dikemudian hari. Anak bisa mutung ditengah jalan karena tidak nyaman dengan sekolahan yang tidak sesuai dengan pilihannya.

Diawal pendaftaran sekolah setingkat SMP atau SMA bahkan kuliah, jika ditanya mengenai tujuan mereka sekolah jawabannya sangat beragam. Ada yang mencari ilmu, ada yang ingin mewujudkan cita-cita, ada yang ingin cari istri atau pacar, ada yang hanya mencari ijazah dan ada juga yang mencari status. Berdeda tujuan itu wajar-wajar saja, karena beda orang beda pemikiran. Kalau kata tetanggaku, sudah mau sekolah saja sudah lumayan, daripada dirumah nganggur.

Ini yang paling banyak terjadi pada anak. Mereka tidak mengetahui untuk apa mereka harus sekolah. Akibatnya, mereka hanya menjalani satu rutinitas membosankan yang harus mereka hadapi setiap harinya. Ini juga menjelaskan mengapa anak malas sekolah dan belajar. Mereka hanya melihat beban yang harus dihadapi bukan keuntungan yang akan didapatkan untuk masa depan mereka dengan belajar ke sekolah.

Pemahaman dan Tujuan Akan Sekolah
Untuk mengatasi hal ini, haruslah diberikan pemahaman yang jelas bagi anak mengapa mereka harus belajar dan pergi ke sekolah.
Penjelasan ini harus sejalan dengan impian yang mereka miliki. Dengan mengetahui impian anak akan lebih memudahkan anak memahami mengapa mereka harus belajar di sekolah. Apa saja yang harus mereka kuasai untuk bisa mendapatkan impian mereka.


Komentar