Anak Bolos Sekolah dan Solusi


Dapat surat dari sekolah karena anak bolos ??? JEDERRR !!!
Mulai kapan anakku bolos? Seberapa sering, kenapa, mengapa?


Biasanya yang dilakukan guru Bimbingan konseling adalah duduk bersama orangtua dan anak untuk mendikusikan masalah ini. Karena hanya “menatar/” atau memarahi anak, mengukumpun tanpa mencari akar masalah bersama orangtua dan guru hasil yang positif akan sulit diharapkan.


Berikut langkah yang dapat dilakukan dalam menangani anak yang suka bolos sekolah :

1. Setelah mengetahui alasan anak bolos sekolah, maka segera lakukan tindakan yang diperlukan. Jika penyebabnya adalah bullying, maka orangtua harus segera berbicara dengan otoritas sekolah. Jika anak tidak hadir di kelas karena sedang ada kegiatan poitif lainnya hendaknya sudah dibicarakan dengan pihak sekolah sedari awal.

2. Jika anak bolos sekolah karena tidak suka dengan suatu mata pelajaran tertentu, orangtua harus membantu mencari jalan keluar . Jika orangtua tidak dapat melakukannya sendiri, maka orangtua dapat menemukan orang yang tepat untuk membantu dalam hal ini.

3. Kalau anak bolos sekolah semata untuk hangout dengan teman-temannya orangtua harus menginformasikan pada anak tentang jahatnya efek negatif dari tekanan kawan sebaya dan betapa pentingnya pendidikan formal. Kalau perlu mengundang orangtua dari teman anak kita, duduk bersama untuk membicarakan masalah ini dengan baik tidak dengan menghakimi dan menyalahkan setelah itu barulah cari jalan keluar dengan menciptakan rencana untuk berubah.

4. Menunjukkan kepada anak dengan contoh akibat dari mengabaikan sekolah bisa membuat anak gagal di masa depan. Orangtua harus mencari tahu apa yang dilakukan anak saat bolos sekolah.

5. Orangtua dapat menindaklanjuti dengan mengecek kehadiran anak disekolahnya secara teratur. Tindakan seperti ini berfungsi agar anak lebih fokus  di sekolahnya. 

Semoga bermanfaat

Komentar