Fakta : Bahaya Gadget pada Anak

Apa kabar Bunda? semoga Bunda dan keluarga selalu  dalam lindungan Tuhan ya...
Bun... kita bahas tenganng anak dan gadget yukk...kayanya hal yang lumrah apabila kita melihat anak-anak kita sangatlah akrab dengan gadget, ya? udah pintar download berbagai macam game dan aplikasi, udh pintar pilih channel youtube bahkan chatting dengan teman-temannya dengan WA, BBM, Line atau Path. wweeewww... bikin geleng-geleng kepala liat kelincahan mereka bermain gadget. 
Sudah banyak peneliatian bahwa pada masa anak-anak penggunaan gadet sebaiknya dibatasi. Kenapa dibatasi ? karena melarang merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan di jaman ini Bun... lha wong bapak ibunya aja demen main gadget masa mau melarang anak ? 
Dari beberapa penelitian tersebut disebutkan  Ada beberapa alasan mengapa gadget memang berbahaya pada anak yaitu :

1. Mengurangi aktivitas fisik

Bagi orang dewasa, Hp, tablet , laptop memang banyak manfaatnya. Tapi kalau anak-anak banyak menghabiskan waktu dengan gadget akan berdampak anak-anak akan kurang bergerak. Bukankah seharusnya mereka bermain di luar bersama dengan teman-temannya.

2. Mengurangi kebiasaan membaca

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kebiaaan membaca berbanding terbalik dengan penggunaan perangkat elektronik. penelitian membuktikan bahwa ada semakin tinggi penggunaan gadget pada anak dan remaja, maka akan semakin rendah prestasi belajar mereka. ini dikarenakan waktu yang bisa digunakan untuk memahami plajaran atau bahkan waktu untuk istirahat dihabiskan untuk bermain game, chatting aatu browsing sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan materi sekolah.

3. Melemahkan nilai sosial

Jika anak begitu asyiknya bergaul di dunia maya atau bersama kawan virtualnya maka dia tidak akan mengerti arti kawan yang sebenarnya. media sosial yang memungkinkan kita bisa terhubung dengan siapapun diluar sana entah dikenal ataupun tidak membuat waktu anak dan remaja kita terkuras.

4. Megurangi konsentrasi

Sudah banyak pakar yang membicarakan bahwa rangsangan sensorik yang terlalu banyak, baik dari musik yang keras, TV, atau internet, dapat merusak kemampuan anak berkonsentrasi. Berbagai macam notifikasi dari aplikasi maupun medsos membuat konsentrasi anak mudah buyar ketika berhadapan dengan materi pelajaran.

5. Menurunkan daya imajinasi dan kreativitas

Imajinasi dan kreatifitas anak diperoleh dari kegiatan yang melibatkan panca indera dan otot tubuh. Anak-anak harus berinteraksi dengan temannya, alam, mendengarkan cerita, dan melibatkan diri dalam berbagai macam kegiatan.
Sekarang sudah faham ya Bun... bagaimanapun kita sebagai orangtua menginginkan yang terbaik buat anak. Libatkan sebanyak mungkin aktivitas fisik yang aman dan menyenangkan untuk anak-anak kita, daripada hanya berkutat dengan gadget. 

sedikit yang kami paparkan tentang bahaya gadget pada anak  semoga membuat kita orangtua semakin waspada dan mawas diri. hampir setiap hari kita mendengar di lini masa berita bahwa banyak anak terjerta kasus penculikan, pedofilia atau kekerasan lain karena berawal dari gadget. 
alangkah bijaksananya apabila kita mampu menggunakan gadget umtuk kepentinagn yang lebih bermanfaat. labih baik lagi jika waktu yang digunakan untuk bermain gadget digunakan untuk  bermain dengan teman sebayanya atau untuk menjalin komunikasi dengan keluarga. 
 

Komentar