Cara Rahasia Mengajarkan Sopan santun Pada Anak


Banyak kasus kita lihat bahwa jaman makin modern apalagi remaja, yang namanya sopan santun makin berkurang. Setuju nggak Bun? Trus gimana cara rahasia mengajarkan sikap sopan santun yang benar pada anak? ini dia Bun...yuk simak 
1. Sejak Usia Dini
sopan santun bisa diajarkan sejak anak berusia 1 tahun lho... misalnya dengan memberi salam atau salim kepada yang lebih tua, meminta izin, dan sebagainya.

2. Jadilah contoh / teladan.
Orangtua dapat memberi teladan / contoh dengan konsisten. Dengan melihat contoh perilaku orangtuanya sehari-hari, maka anak akan belajar bersikap sopan santun dengan sendirinya. Berilah contoh bukan nasehat. Ajarkan pula bagaimana cara anak menyapa orang, dan bersikap kepada orang yang lebih tua.

3. Permisi, tolong, maaf, dan terima kasih
Ingin menciptakan dunia yang lebih baik? Mulailah mengajarkan sopan santun dari hal-hal sederhana. Ajarkan anak untuk terbiasa mengucapkan empat kata penting, yaitu “Permisi, tolong, maaf, dan terima kasih”

4. Lakukan Dengan Konsisten
Mengajarkan sopan santun itu suatu proses. Kalau mereka lupa, ingatkan mereka.

5. Berikan Pujian
Jika anak tidak tahu maka beritahu mereka, kalau anak sudah tahu dan melanggar maka tegurlah , jika anak sudah tahu dan berubah berikan pujian. 

6. Melalui Cerita dan Dongeng
Ada dua hal yang biasanya sangat disukai oleh anak, yaitu musik dan cerita. Ambilah kesempatan ini untuk menceritakan dongeng kepada anak saat menjelang tidur, pilihlah kisah yang menarik dari buku atau dongeng dan tambahkan dengan imajinasi anda, kemudian ceritakan sambil memasukkan nilai-nilai sopan santun kepada anak.

7. Dasari dengan Agama
Kenalkan dengan agama sejak dini. Nilai-nilai moral yang diajarkan dalam agama sangat penting untuk menumbuhkan kedewasaan dan pembentukan karakter anak.

8. Butuh Proses
Mengajarkan sopan santun merupakan sebuah proses dan mungkin membutuhkan waktu yang lama. Orangtau dapat melihat proses ini melalui waktu, sabar dan tunjukan sikap yang baik, agar ia mengerti bahwa sopan santun adalah suatu proses yang menyenangkan.

Selamat Mencoba ya Bunda... Salam hangat.

Komentar